Prof Sufyarma Lantik PC PERTI Kota Sawahlunto

(Dua dari kanan) Zainul Arizal, Ketua PC PERTI Kota Sawahlunto beserta pengurus dan Prof Sufyarma Marsidin, Ketua PD PERTI Provinsi Sumatera Barat. (Foto: Mega)


SBNews, Padang – Sebagai organisasi tradisional Islam yang berbasis di Sumatera Barat dan berakar dari Ulama Ahlussunnah wal Jama’ah sejak Tahun 1930 ini; Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) adalah tonggak sejarah Islam di Sumatera Barat yang tidak bisa dilupakan.

Perti merupakan benteng pertahanan golongan tradisional Islam terhadap penyebaran paham dan gerakan modern yang gencar dilakukan oleh Kaum Muda pada masa itu. Fokus utama perjuangan PERTI yakni memajukan sekolah/ pesantren dan sebagai pemersatu segenap ulama tradisional di ranah Minangkabau.

Saat ini, PERTI Sumatera Barat sudah memenuhi seluruh struktur keorganisasiannya ses Sumatera Barat (19 Kabupaten/ Kota), ditandai dengan dilantiknya tiga Kabupaten/ Kota Pimpinan Cabang (PC) PERTI; PC Kota Sawahlunto, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Sijunjung, di Sekretariat PERTI Sumatera Barat, Sabtu (12/10/2019).

Untuk PC PERTI Kota Sawahlunto, H. Zainul Arizal Dt. Bandaro Putiah,S.HI, di percaya sebagai Ketua PC dan Asril Hasan Sutan Kayo,SH selaku Sekrertaris serta jajaran pengurus lainnya.

Pelantikan tiga PC tersebut, langsung dilakukan oleh Prof. DR. H. Sufyarma Marsidin,M.Pd, Ketua Pimpinan Daerah (PD) PERTI Sumatera Barat. Yang mana sebelumnya Surat Keputusan (SK) dibacakan oleh Sekretris PD PERTI Sumatera Barat, Dr. H. Yasmardi,M.Ag.

Dalam kesempatan sambutannya, Sufyarma Marsidin menegaskan, bahwa sebagaimana tujuan utama adanya PERTI adalah mengembangkan pesantren dan itu yang harus diperhatikan setiap PC se Sumatera Barat.

“Usai dilantik ini, kami akan berupa melakukan konsolidasi dengan seluruh pengurus PC PERTI se Kota Sawahlunto, In Syaa Allah akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ungkap Zainul Arizal, Ketua PC PERTI Kota Sawahlunto. (RAU)  

Label: