Sosok Elfi Datuak Tumanggung Sati: Birokrat Senior Harapan Piaman Laweh

Ir. Elfi,MM Datuak Tumanggung Sati.


Padang, SBNews – Beberapa kali diskusi Redaksi SBNews bersama Ir. Elfi,MM Datuak Tumanggung Sati, menunjukkan kecakapan dirinya soal birokrasi dan regulasi di pemerintahan. Saat ini Datuak Elfi, sapaan akrabnya, diamanahkan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Ia menyorot berbagai permasalahan yang akhir – akhir ini mendera kampung halamannya Piaman Laweh (Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman). Menurutnya, permasalahan itu akan tuntas, jika ada kerjasama yang solid antara legilslatif dan eksekutif, serta kinerja efektif dari para pegawai di pemerintahan.

“Pegawai dan pejabat di pemerintahan itu harus menjalankan tugas berbasiskan kinerja. Menurut saya, defisit keuangan di Kabupaten Padang Pariaman sangat bisa diatasi, jika Organiasi Perangkat Daerah (OPD) bisa bekerjasama dengan baik dan memangkas program yang tidak penting dan tidak berpihak kepada rakyat,” ujar Datuak Elfi, di Sarinah Jakarta, beberapa waktu yang lalu kepada SBNews.

Usai pertemuan di Sarinah, Redaksi SBNews kembali bertemu Datuak Elfi di Bandar Burus, Kota Padang, Ia pun membeberkan langkah jitu untuk kemajuan kampung halamannya. Menurutnya, Padang Pariaman butuh sosok birokrat yang mumpuni untuk memimpin dan dikombinasikan dengan sosok yang peduli soal Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis Iman dan Taqwa.

Kecerdasan Datuak Elfi tidak hanya isapan jempol belaka, Ia sudah membuktikan dirinya dalam bertugas selama ini sejak dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya dan saat ini di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Khusus Mentawai, Datuak Elfi dengan kecakapannya serta kerjasama dengan beberapa OPD Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai serta mendapat restu dari pimpinan, mendorong secara drastis kondisi defisit hingga meraih Opini Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Sementara itu, Datuak Elfi tidak lama lagi akan menjalani masa pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sudah pula digadang – gadangkan turun tangan untuk kampung halamannya, Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu sudah terlihat dari banyaknya baliho dan spanduk Datuak Elfi yang berseliweran di Kabupaten Padang Pariaman. (Rico Adi Utama)


Label: