Pemkab Pandeglang Terima Hibah BMN 17 Milyar dari Kementerian PUPR


Jakarta, SBNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Pandeglang menerima Hibah Barang Milik Negara (HBM) dari Kementerian PUPR Republik Indonesia senilai lebih dari 17 Milyar. 

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban bersama-sama perwakilan dari 85 Kabupaten/Kota Penerima Hibah dan Dirjen Cipta Karya Danis Hidayat Sumadilaga  melakukan Penandatangan Naskah dan Berita Acara Serah Terima Hibah atau Alih Status Barang Milik Negara di Auditorium Kementerian PUPR, Rabu (25/09/2019) hari ini.

Dalam sambutannya Danis Hidayat mengatakan, dalam rangka menjamin tata kelola aset yang baik dan meningkatkan pelayanan publik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan serah terima hibah aset sebanyak 433 barang milik negara (BMN) senilai Rp 1,304 triliun kepada Pemerintah Daerah dan Lembaga. "Aset tersebut adalah infrastruktur permukiman yang telah selesai dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dan dikelola oleh Pemerintah Daerah/Lembaga", ungkapnya.


Masih kata Danis, melalui hibah ini akan lebih meningkatkan kualitas pengelolaan kekayaan negara. Beralihnya hak dan kewajiban atas aset BMN tersebut setelah serah terima hibah akan memperjelas tanggung jawab terhadap pengoperasian dan pemeliharaannya, "Dengan demikian, aset yang dihibahkan dapat memberikan pelayanan yang berkelanjutan. Aset yang dihibahkan akan tercatat sebagai aset Pemda/Lembaga sehingga dalam pengoperasian dan pemeliharaannya dapat dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ungkapnya.

Ditemui usai acara penandatanganan, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat, "Saya apresiasi atas pelaksanaan pembangunan oleh Kementerian PUPR ke Kabupaten Pandeglang, karena kita tahu bahwa Pandeglang memang saat ini sedang sangat membutuhkan pembangunan Infrastruktur di segala bidang", tuturnya.

Tanto juga mengatakan untuk Kabupaten Pandeglang sendiri dari tahun 2017-2018 mendapatkan hibah senilai lebih dari 17 Milyar, " Itu terdiri dari pengembangan kawasan wisata Tanjung Lesung senilai 3,57 Milyar,  Infrastruktur jalan di Kecamatan Karang Tanjung 4,86 Milyar, Pembangunan Drainase di Kecamatan Sobang 3,09 Milyar, dan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Panimbang 5,62 Milyar", jelasnya.


Hadir pada kesempatan tersebut Assisten Ekonomi dan Pembangunan Indah Dinarsiani, Kepala Dinas PUPR Pandeglang Asep Rahmat, Kepala BPKD Pandeglang Iskandar, Kepala Bidang Asset Muslim Taufik.(hms-red)

Label: