Menakar Irjen Pol Fakhrizal, Jelang Pilkada Sumbar

Dari Kiri: Irjen Pol Fakhrizal (Kapolda Sumbar) dan Rico Adi Utama (Penulis)


Oleh : RICO ADI UTAMA*

MUNCULNYA nama Irjen Pol. Drs. H. Fakhrizal,M.Hum, jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Barat (Sumbar) 2020 mendatang, patut menjadi perbincangan banyak pihak, terutama kalangan politisi, praktisi dan akademisi. Nama Perwira Tinggi Polisi, yang menjabat Kapolda Sumatera Barat ini, sudah merangsek hingga ke lapau – lapau (baca; kedai).

Namun, sejauh ini belum ada kepastian bahwa Irjen Pol Fakhrizal (Kapolda Sumatera Barat) apakah benar – benar akan maju pada Pilkada Sumbar atau muncul sebagai tokoh semata, khususnya sebagai Komandan Korp Coklat (Polisi) di Sumbar. Karena, Irjen Pol Fakhrizal, belum sedikitpun menyatakan diri akan maju Calon Gubernur dan/ atau Wakil Gubernur Sumbar.

Irjen Pol Fakhrizal, yang juga sebelumnya pernah menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini, jika disigi sesuai selera orang Minangkabau, Iapun telah memenuhi unsur; ketokohan, ketakahan (Indo; kepantasan) dan ketagehan (Indo; kegigihan), menjadi Gubernur Sumatera Barat.

Beberapa fakta yang penulis temui dilapangan, bahwa tidak sedikit para Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, yang memang menganggap Irjen Pol Fakhrizal, memiliki kans politik yang patut menjadi perhatian dan kewaspadaan. Malah ada pula, yang sudah menakar, yakni lawan yang pantas untuk Polisi tamatan AKABRI (Akademi Angkatan Bersentaja Republik Indonesia) tahun 1986 ini hanyalah Ir. Mulyadi, poltisi Partai Demokrat yang juga menjabat Ketua Partai Demokrat Sumbar dan terpilih pada Pileg 2019 kemarin dengan suara terbanyak se Sumatera Barat.

Informasi yang juga diperoleh dilapangan oleh penulis, beberapa simpatisan Irjen Pol Fakhrizal sudah mulai mengumpulkan KTP, persyaratan untuk maju jalur Perseorangan/ independen dengan memenuhi 6,5 - 10% dukungan KTP dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada terakhir sesuai Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Sementara itu, selain Ir. Mulyadi, beberapa calon rival (baca; lawan) Irjen Pol Fakhrizal, yang disinyalir hendak maju adalah; Drs. H. Nasrul Abit (Wakil Gubernur Sumbar aktif/ Ketua Partai Gerindra Sumbar), Drs. H. Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman/ Ketua Partai PAN Sumbar), H. Mahyeldi Ansharullah,SP (Walikota Padang), Riza Falepi,ST,MT (Walikota Payakumbuh), Ir. M. Shadiq Pasadigoe,SH,MM (Mantan Bupati Tanah Datar dua periode) dan  beberapa nama lain yang sesekali muncul di media online, cetak maupun elektronik.

Para Balon itu yang berpotensi menjadi rival politik Irjen Pol Fakhrizal, ditenggarai melakukan safari politik mulai dari akar rumput (rakyat) Sumbar, antar Ketua Partai Politik, Tokoh masyarakat Minangkabau (Ninik Mamak, Cadiak Pandai & Alim Ulama), para Ketua Ormas (Organisasi Masyarakaat) termasuk OKP (Organisasi Kepemudaan) dan para elit politik nasional termasuk para Ketua Umum DPP Partai Politik. Artinya, mereka sudah berikhtiar untuk menakar kekuatan dan persiapan jelang Pilkada Sumbar.

Dilain sisi, Irjen Pol Fakhrizal, yang pastinya tidak memiliki partai politik, karena Polisi tentu dilarang melakukan politik praktis, maka banyak perkiraan pula kemungkinan iya atau tidaknya partai apa yang dekat dan akan mengusung suami dari Ade Fakhrizal, seorang peragawati muda yang mewakili Sumbar ke ajang Puteri Indonesia di Jakarta, mereka menikah pada Bulan Juni 1988.

Menurut beberapa sumber, menyebutkan bahwa Istri Irjen Fakhrizal, merupakan wanita asal Sungai Sungai Sirah, Kec. Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Artinya Irjen Pol Fakhrizal, merupakan orang Sumando Piaman Laweh.

Terkait dengan itu, dukungan Piaman Laweh (Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan sekitarnya) tidak bisa dipandangan sebelah mata. Selain orang Piaman yang kuat dengan organisasi perantauannya, yakni PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman), orang Piaman juga berada dan berbaur dibeberapa kalangan di Sumatera Barat.

Ironinya lagi, Dr. Suhatmansyah Is, Mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) sebelum Refrizal (Ketua Umum DPP PKDP aktif saat ini), dibeberapa diskusi acap kali menyebut nama Irjen Pol Fakhrizal. Walaupun sebutan nama itu tidak bentuk dukungan, tetapi Ia terkesan sangat simpatik dengan orang sumandonya itu.

Sebagai Jenderal aktif dan menjabat Kapolda, Irjen Pol Fakhrizal tentu memiliki Komando yang mengakar kuat dari mulai jajaran Polda Sumbar hingga Bhabinkambtimas di pelosok – pelosok daerah di Sumbar. Itu artinya, nama Irjen Pol Fakhrizal, disinyalir sudah sampai ke telinga akar rumput (rakyat) Sumbar secara masif, walaupun nama tersebut bukan sebagai Balon Gubernur dan/ atau Wakil Gubernur Sumbar, setidaknya Irjen Pol Fahkrizal selaku Kapolda tidak asing lagi bagi rakyat Sumbar.

Jika saja pada akhirnya Irjen Pol Fakhrizal maju sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, rasanya tidak sulit bagi  dirinya untuk mendokrak elektabilitas politik, karena Ia sudah memiliki popularitas yang kuat dan masif.

Namun, hingga saat ini, seperti yang disampaikan diatas, Irjen Pol Fakhrizal belum kunjung menyatakan sikap dirinya apakah benar  - benar akan maju, atau tidak sama sekali. Lalu, apabila benar – benar maju, tentu para rival politiknya, harus benar – benar pula siap parang basosoh (Indo; perang besar) melawan kekuatan politik Irjen Pol Fahkrizal. *)

PROFIL PENULIS

Nama : RICO ADI UTAMA

Pengalaman Organisasi


Pengalaman Kerja


Label: