Maymuspi: Mari Wujudkan Padang Pariaman Yang Lebih Baik

Kompol Maymuspi,SE,MM

Piaman, SBNews - Mewujudkan kebaikan untuk suatu daerah, tidak bisa berjalan sendiri; perlu kerjasama dan merangkul berbagai potensi. Itulah yang ditanamkan oleh Kompol Maymuspi dalam hidup dan kehidupannya sehari - hari.

Perwira Polisi yang satu ini, apabila sudah dekat dengannya, akan terasa sekali aura pengayomannya. Ia mampu memposisikan diri sebagai siapa saja; sebagaik adik, kakak hingga sebagai seorang mamak (indo; paman).

"Khusus dikampung Saya, jika ingin membangun daerah harus solid antara ranah dan rantau. Orang rantau, jangan katakan tidak peduli dengan kampung, mereka sesungguh ingin sekali berbuat untuk kampung halamannya. Begitu juga ranah/ kampung, mereka ingin sekali memunculkan harapannya soal pembangunan ranah agar lebih baik. Jika dua kekuatan ini sudah bersatu, tentu akan terwujud sesuatu yang sangat besar," ujar Epi, sapaan akrab Maymuspi, kepada SBNews, Sabtu (7/9/2019).

"Maka, ranah - rantau harus terjadi komunikasi yang berkesinambungan dan timbal balik. Jadi, disinilah akan terjadi ikatan emosionalnya," imbuh Epi.

Selain itu, menurut Epi, sebelum soal pembangunan dan ekonomi, tentu yang tidak kalah pentingnya adalah karakter dan/ atau Sumber Daya Manusia (SDM).

"Maka, kita mesti mulai dari dunia pendidikan. Jadi, guru di sekolah jangan hanya mengajar, tapi juga mendidik. Seperti itu waktu Saya masa kecil, guru mendidik kami, bukan hanya mengajarkan materi sekolah saja; sehingga terbentuk akhlak yang baik bagi siswa didik atau generasi penerus bangsa ini," imbuh Epi.

Artinya, selain bicara hubungan ranah dan rantau, Epi juga sangat memperhatikan dunia pendidikan. Karena menurutnya, SDA (Sumber Daya Alam) yang kaya apabila tidak dikelola oleh SDM yang baik dan mumpuni, maka akan sia - sia. (RICO ADI UTAMA)

Label: