Hari Ini Kepsek SMAN 1 Sawahlunto Diperiksa Disdik Sumbar

Suryanto,M.Pd, Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.



Padang, SBNews- Gejolak kelebihan siswa di SMA Negeri  1 Kota Sawahlunto, terus bergulir. Suryanto, M.Pd, Kepala Bidang Pembina SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, kepada SBNews menyebutkan bahwa pihaknya hari ini akan memeriksa Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto.

"Ya, hari ini rencananya kami akan periksa Kepsek (Kepala Sekolah) SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto. Sebagaimana Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Sumbar; Ketua Tim yang akan memeriksa bersangkutan langsung adalah Pak Sekretaris Dinas dan saya selaku Wakil Ketuanya," ungkap Suryanto kepad SBNews, Jum'at (6/9/2019).

Menurut keterangan Suryanto, Kepsek SMAN 1 Kota Sawahlunto sudah melanggar kententuan yang ada di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Kelebihan siswa kurang lebih 17 orang di sekolah tersebut, adalah keselahan yang fatal.

Pihaknya sudah melakukan sidak dan menemukan fakta yang mengejutkan, dimana dalam 1 lokal jumlah siswa mencapai 42 orang, padahal sesuai aturan dan Dapodik maksimal hanya 36 orang.

"Kita ingin yang terbaik untuk siswa dan wali murid. Jangan sampai ada yang dirugikan. Hanya saja solusinya saat ini, siswa harus dipindahkan ke SMAN 2 dan 3 Kota Sawahlunto, yang saat ini malah kekurangan siswa. Jika tidak dipindahkan, ini akan bermasalah di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)," pungkasnya.

Sebelumnya, Rico Alviano,ST, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang juga merupakan Putera asli Nagari Kolok Kota Sawahlunto, sudah menerima pengaduan Wali Murid yang hendak dikeluarkan SMAN 1 Sawahlunto. Ia meminta semua pihak terkait menyelesaikan masalah tersebut dengan tuntas. (Rico Adi Utama)

Label: