Akhirnya, Warga Mesuji Register 45 Resmi Mendaftar Gugatan

LAMPUNG, Sbnews.co.id - Warga Masyarakat yang menggarap Lahan di Register 45 Mesuji resmi Mendaftarkan Gugatan ke Pengadilan Negeri Menggala, Tulang Bawang - Lampung, dengan Nomor : 24/Pdt.G/2019/PN.MGL. Senin (16/9/2019). Didampingi oleh Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Tridharma Indonesia.

Dalam Orasinya dihadapan ribuan warga yang ikut dalam pengawalan pendaftaran Yudi Rijali Muslim S.H selaku Kuasa Hukum, Mengatakan bahwa warga Masyarakat yang ikut menggarap dilahan tersebut bukanlah sebagai Perambah atau Masyarakat ilegal.


"Dengan adanya Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No 4962/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/9/2017, hal tersebut memperkuat bahwa PT Silva Inhutani dan Warga Resgister 45 Mesuji memiliki kedudukan yang sama, yaitu sama sama menggarap lahan negara," ungkap Yudi.

Dikatakan Yudi Rijali Muslim, warga di Register 45 telah dengan penuh itikad baik menjalankan proses kemitraan dengan PT Silva Inhutani, namun kemitraan tersebut justru di Manfaatkan oleh PT hanya untuk mengeruk keuntungan semata.


"Tidak jelasnya pengelolaan kemitraan serta pembayaran bagi hasil yang tidak sesuai kepada para penggarap, serta adanya pembiaran yang dilakukan oleh Kementerian lingkungan hidup yang dimana kementrian memiliki tugas dalam pengawasan dan pembinaan atas kemitraan yang di jalin, hal itu menjadi dasar kita mengajukan Gugatan," bebernya.

Kami melihat, lanjut Yudi, ada upaya perbuatan melawan hukum yang menimbukan kerugian bagi masyarakat pelanggaran tersebut sesuai dengan pasal 1365 BW tersebut.

“Setiap perbuatan melawan hukum yang oleh karenanya menimbulkan kerugian pada orang lain, mewajibkan orang yang karena kesalahannya menyebabkan kerugian itu mengganti kerugian," terang Yudi sebagaimana Pasal tersebut.

"Apakah dalam kemitraan dengan PT Silva Inhutani Kita mengalami Kerugian??
Rugi, Ucap ribuan warga yang hadir.

Yudi juga menjelaskan, bahwa masyarakat yang berada di register 45 bukanlah Imigran Asing ilegal, mereka sama seperti, sama-sama rakyat Indonesia tidak sepatutnya terasingkan dan seolah diterlantarkan negara.

"kehadiran sebagai rakyat kita sudah sepatutnya dilindungi dan diperlakukan secara adil oleh negara sesuai prinsip yang diamanatkan pancasila yaitu sila ke Lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

"Gugatan ini adalah suatu upaya kita untuk mendapatkan keadilan atas tindakan kesewenang wenangan yang dilakukan oleh PT Silva Inhutani," pungkas Yudi Rijali Muslim, SH. (ril/red)

Label: