Prestasi Toboh : Dari Qorban Idul Adha Yang Melimpah dan Laporan Nagari Terbaik 2019
Kontributor SBNews.co.id dalam menjalankan tugas peliputannya dilengkapi dengan Id Card yang masih berlaku serta namanya tercantum di box redaksi. Jika anda memiliki keluhan terkait kinerja tim kami dilapangan silahkan hubungi 08772666229

Prestasi Toboh : Dari Qorban Idul Adha Yang Melimpah dan Laporan Nagari Terbaik 2019

21 Agustus 2019

H. Marjhoni Rangkayo Rajo Kinayan Toboh, Ketua Dewan Pembina IKTOB (kanan) dengan salah seorang Ustad yang diundang pada salah satu pengajian yang diadakan IKTOB. 


Toboh, SBNews – Limpahan dan berkah Qorban Idul Adha 1440 Hijriah/ 2019 Masehi Nagari Campago Selatan (Toboh Lamo), Kabupaten Padang Pariaman, tidak hanya dinikmati oleh masyarakat di nagari tersebut, tapi juga melimpah hingga nagari tetangga. Ikatan Keluarga Toboh Bersatu (IKTOB), yang dipimpin oleh Gusnedi selaku Ketua Umum adalah pihaknya yang memprakarsai limpahan berkah ternak qurban di ranah (kampung)-nya itu, hingga mencapai 14 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Untuk tahun – tahun sebelumnya, di nagari tersebut malah memiliki Sapi qurban yang lebih banyak dari tahun 2019 ini, yang rata – rata mencapai 15 ekor sapi dan khusus yang diprakarsasi IKTOB dari tahun pertama 17 ekor, tahun kedua 16 ekor dan tahun ketiga ini 14 ekor sapi serta dua ekor kambing.

“Sudah 4 tahun berjalan IKTOB dari Jakarta membawa qurban ke kampung ke Mesjid Raya Toboh ini. Semua warga Toboh yang terdiri dari 1150 KK (Kepala Keluarga) mendapatkan jatah daging kurban. Kurban itu ternyata melimpah hingga nagari tetangga, seperti: Nagari Sikucua, Nagari Kudu Gantiang Limo Koto Timur sampai Nagari Pilubang Sungai Limau, karena sapi yang dikurban adalah sapi super,” ungkap H. Jayanis, Sekretaris Umum IKTOB, kepada SBNews, baru – baru ini.

Sementara itu, H. Marjhoni Rangkayo Rajo Kinayan Toboh, mengharapkan agar dengan semangat yang tampak jelas di Idul Adha ini, masyarakat toboh yang diranah dan dirantau terus bersatu dan makin hebat lagi.

“Dengan persatuan masyarakat toboh yang kuat antara para perantau, khususnya perantau yang tergabung di IKTOB, pembangunan di kampung bisa lebih maksimal lagi kedepannya. Program – program orang rantau itu, tentunya harus mendapat dukungan penuh dari orang kampung dan Pemerintahan Nagari Toboh,” ujar  H. Marjhoni Rangkayo Rajo Kinayan Toboh, Ketua Dewan Pembina IKTOB.
Masyarakat Toboh bersama bersama IKTOB.
Pemnag Nagari Campago Selatan (Toboh) Pelapor Keuangan Terbaik 2019
Pemerintahan Nagari (Pemnag) Nagari Campago Selatan yang wilayahnya merupakan Toboh Lamo (Indo: Lama), Hanafi selaku Wali Nagarinya adalah Nagari Terbaik yang menyampaikan laporan keuangannya se Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu diakui langsung oleh H. Jayanis yang mengetahui pemberian penghargaannya pada Tanggal 17 Agustus 2019 kemarin, bertepatan hari Kemerdekaan RI, yang diberikan penghargaannya oleh Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.

H. Jayanis, Sekretaris Umum IKTOB (kanan) bersama Nofi, Wali Korong Simpang 4 Toboh.
Prestasi keuangan Pemerintah Nagari Campago Selatan itu, adalah kerjasama berbagai pihak, terutama Jorong – Jorong yang juga melampirkan keuangannya dalam laporan keuangan  Nagari Campago Selatan. Semua pemakaian keuangan Nagari Toboh, baik yang bersumber dari pusat maupun Kabupaten Padang Pariaman sangat akuntabel dan transparan.

“Bukan hanya terbaik soal nagari dan kurban ini. Kami IKTOB juga ingin menyalurkan gerenasi muda Toboh yang ingin jadi Ustad dan akan disekolahkan dengan gratis di Pesantren Gontor,” tambah H. Jayanis, mengakhiri. (Rico Adi Utama)

close
Banner iklan disini