Dispora Solok dan Kemenpora RI Gelar Kejuaraan Bulu Tangkis

Dispora Solok dan Kemenpora RI Gelar Kejuaraan Bulu Tangkis

09 July 2019

Uji coba oleh Dodi Osmond, Kepala Dispora Kota Solok.


Kota Solok, SBNews  – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar kejuaraan Bulutangkis bertajuk PBSI Kota Solok Open se-Sumatera 2019 selama lima hari mulai tanggal 07 s/d 11 Juli 2019 di Sport Hall Tanjung Paku.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari surat permintaan Dispora Kota Solok ke Kemenpora RI untuk mengadakan kejuaraan cabang bulutangkis di Kota Solok yang sumber pendanaannya langsung dari Kemenpora RI.

Open Turnament itu memperebutkan total hadiah sebesar 70 juta rupiah. Mempertandingkan kategori lomba Tunggal Putra-Putri (Pra Usia Dini, Usia Dini, Anak-anak, Pemula, Remaja, Taruna dan Dewasa) serta Ganda Putra/Putri (Remaja, Dewasa Umum, Dewasa khusus Kota dan Kabupaten Solok Putra dan Veteran Putra akumulasi usia 100 tahun).

Kejuaraan tersebut dibuka langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian pada Minggu (7/7) malam. Turut hadir perwakilan Kemenpora RI yang diwakili oleh Risdiamond, Kabid Pengembangan Prestasi Daerah dan Gunardi Beben, Kabid Promosi dan Industri Daerah, Gubernur Sumatera Barat diwakili Kadispora Sumbar, Ketua KONI Sumbar, Ketua PBSI Pengprov Sumbar, Ketua KONI Kota Solok, Ketua KONI Padang Panjang, Perwakilan Dispora Kota Palembang dan Ketua PBSI Kota Solok.

Kejuaraan ini semakin semarak dengan kehadiran Luluk Hadiyanto, mantan pemain Ganda Putra Pelatnas yang nantinya diagendakan akan memberikan coaching clinic.
Walikota Solok (lima dari kiri) berfose dengan Kadispora Kota Solok dan Perwakilan Kemenpora RI.
“Kami sangat senang sekali kejuaraan ini bisa terlaksana dengan kerjasama yang baik bersama Kemenpora RI. Ini merupakan awal yang baik bagi cabang Bulutangkis di Kota Solok khususnya karena dengan banyaknya kejuaraan yang digelar dapat meningkatkan kemampun atlet. Tidak hanya dari segi teknik tetapi juga dari segi mental,” kata Walikota.

Zul Elfian mengharapkan melalui kejuaraan ini akan melahirkan pemain Bulutangkis yang handal mewakili Kota Solok ke tingkat nasional maupun internasional. “Kejuaraan ini sebagai pemanasan untuk mencetak atlet bulutangkis yang dapat meraih medali pada Porprov Tahun 2022, dimana Kota Solok sebagai tuan rumah. Untuk itu kepada atlet bermainlah dengan dengan sportivitas. Menang kalah itu sudah biasa,” tutur Walikota.

Sementara itu, Dodi Osmond selaku Ketua Pengkot PBSI Kota Solok sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok dalam sambutannya berharap dari 522 peserta ini akan terpilih nantinya bibit unggal di cabang bulutangkis bagi Kota Solok khususnya, karena mereka akan menghadapi atlet yang bukan hanya berasal dari Sumbar tetapi juga dari daerah lain di Sumatera, seperti; Medan, Palembang, Riau dan Bengkulu.

“Geliat kejuaraan ini sangat besar sekali, terlihat banyaknya para pendaftar untuk mengikuti turnamen ini. Bahkan jumlah peserta semakin banyak pada akhir penutupn pendaftaran,” ungkap Ketua Pengkot.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan pertandingan eksebisi ganda putra antara pasangan Walikota Zul Elfian/Luluk Hadiyanto menghadapi Kadispora Dodi Osmond/Adrian mantan atlet PON Sumbar. (EP)

Editor: RICO ADI UTAMA

close
Banner iklan disini