Ternyata, Inilah Para Balon Gubernur dan Wagub Sumbar 2020

Rico Adi Utama. (Desain: SBN)


Oleh : RICO ADI UTAMA
Jurnalis/ Aktivis NGO (Non Government Organization)

DIKABARKAN, bahwa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, akan diselenggarakan pada tahun 2020 mendatang. Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat saat ini, sangat dimungkinkan tidak akan maju, sebab Ia telah menjabat selama dua periode berturut – turut.

Incumbent untuk Sumatera Barat, hanya bersisa Nasrul Abit saja, yang saat ini pula memimpin partai yang cukup diminati di Sumatera Barat, yakni Partai Gerindra dan partainya itu diprediksi menduduki jabatan Ketua DPRD untuk Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, dua posisi legislasi yang sangat menentukan Sumatera Barat lima tahun kedepan.

Namun, Nasrul Abit tidak bisa jumawa dan bertenang – tenang diri, sebab dirinya akan dihadapkan dengan petarung politik yang cukup tangguh di Pilkada Provinsi Sumatera Barat 2020 tersebut.

Diantara para petarung/ Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020 yang berhasil terjaring oleh saya dari berbagai saluran publik; duduk dilapau/ kedai - kedai politik maupun media sosial, sebagiannya pernah Saya anugerahi SKR (Suara Keadilan Rakyat) Award Tahun 2013 lalu. Klik link SKR Award 2013: SKR Award 2013

Yakni:
H. LEONARDY HARMAINY,S.IP,MH
Pernah menjabat Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Barat, juga menahkodai asosiasi kontraktor, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat. Saat ini terpilih Anggota DPD RI di senayan. Ia dulu dianugerahi SKR Award 2013 Kategori Politisi Senior.

H. FEBBY DATUAK BANGSO
Saat ini menjabat Ketua DPW PKB Provinsi Sumatera Barat dan diamanahkan sebagai Staf Khusus Kementrian Desa (Kemendes) Republik Indonesia; dianugeragi SKR Award 2013 Kategori Tokoh dan Politisi Muda Sumatera Barat.

Drs. MUKHLIS RAHMAN, MM
Mantan Walikota Pariaman dan menjabat dua periode; dianugerahi SKR Award 2013 kategori Kepala Daerah Peduli Anak.

Ir. M. SHADIQ PASADIGOE,MM
Mantan Bupati Tanah Datar, menjabat dua periode; dianugerahi SKR Award 2013 kategori Tokoh Berpengaruh Sumatera Barat.

Nama – nama lain yang juga muncul dan tidak pernah saya anugerahi SKR Award, diantaranya:
Ir. H. HENDRA IRWAN RAHIM
Saat ini menjabat Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat dan Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat. Ia adalah sosok yang murah senyum, namun tegas dalam bersikap.

Drs. H. NASRUL ABIT
Sosok yang satu ini, memiliki karier politik dan birokrasi dari bawah sekali; pernah menjabat Staf Subag Umum Kanwil Depkes Provinsi Bandar Lampung (1977-1991), Asisten Teknis Proyek Peningkatan RSU Prov Lampung (1990-1995), Kasubag Perlengkapan Kanwil Depkes Prov Lampung (1991-1995), Pimbagpro Prasarana Fisik Fasilitas Kerja Kanwil Depkes Prov Lampung (1997-1999), Pjs Kasubag Umum Kanwil Depkes Prov Lampung (1999), Kabag Tata Usaha Kanwil Depkes Prov Lampung (1999-2000), Wakil Bupati Pesisir Selatan (2000-2005), Bupati Pesisir Selatan (2005-2015) dan saat ini Wakil Gubernur Sumatera Barat (2016-sekarang)

Ir,H. MULYADI
Terpilih menjadi Anggota DPR RI dua kali berturut; Pemilu 2014 dan 2019. Dikabarkan pada Pemilu 2019 kemarin, di Dapil Sumbar 2 memperoleh suara terbanyak dari 8 Caleg yang terpilih di dapil tersebut.

Hj. EMMA YOHANNA
Adalah sosok Bundo Kanduang sekaligus petarung politik yang cukup tangguh di Sumatera Barat. Ia terpilih menjadi Anggota DPD RI dua kali berturut - turut; Pemilu 2014 dan 2019 serta juga dikabarkan dari 4 Calon DPD RI yang terpilih, Ia memperoleh suara terbanyak sekitar 520 ribu suara dan rangking 1 dari 3 Calon lagi.

RIZA FALEPI,ST,MT
Menurut Wikipedia.Org; Riza Falepi meraih gelar S-2 Magister Tekno Ekonomi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelum menjabat Wali kota Payakumbuh, ia aktif sebagai anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Barat untuk periode tahun 2009-2014. Dia meraih perolehan suara sebanyak 152.475 suara, sehingga dia menjadi pengumpul suara nomor 3 setelah Irman Gusman (293.070 suara) dan Emma Yohanna (203.587 suara) untuk Dapil Sumatra Barat (Sumbar). Disamping seorang politisi, Riza juga berkiprah sebagai pengusaha

IRJEN. POL. Drs. FAKHRIZAL,M.Hum
Adalah Kapolda Sumatera Barat, yang merupakan putera asli Sumatera Barat dari Kabupaten Agam. Adalah Perwira Polisi/ Akabri Angkatan 1986 dan kakak senior dari Kapolri saat ini Jenderal Tito Karnavian.

Drs. H. SYAMSU RAHIM,MM
Politisi senior yang cukup saya kagumi dengan keberhasilan politiknya, sebab jarang sekali sosok politisi yang mampu menguasai 3 daerah dengan tanpa putus – putus berkuasa. Setelah menjabat Ketua DPRD Kota Sawahlunto, dirinya terpilih menjadi Walikota Solok dan selanjutnya Bupati Solok. Raihan yang luar biasa…

ANDRE ROSIADE,SE
Adalah pengusaha yang saat sukses dipanggung politik. Ia serta merta muncul menjadi Juru Bicara BPN Prabowo – Sandi dan akhirnya mendulang keberuntungan terpilih menjadi Anggota DPR RI pada Pemilu 2019 lalu dengan perolehan suara terbanyak di Dapil Sumbar 1.

TUKIMAN
Adalah lelaki muda dan inspiratif, yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia dengan gagah berani maju di Pileg 2019 kemarin untuk DPD RI, kemudian memperoleh suara yang cukup signifikan. Kesederhanaan Tukiman, begitu menjadi daya tarik bagi lawan dan kawan politiknya. Ia juga seorang motivator, konseptor program penanggulangan kemiskinan dan program desa. Saat ini dirinya fokus pada pencanangan penyalaluran kewajiban program CSR oleh BUMD dan BUMN.

Drs. H. ALI MUKHNI
Adalah politisi yang berasal dari seorang guru, tidak begitu tegap dari segi fisik namun lincah di dunia politik. Pernah menjadi Guru STM Negeri Bengkulu (1988-1995), Guru SMA Negeri 10 Padang (1995-2000), Guru SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam (2000-2005), Wakil Bupati, Padang Pariaman (2005-2010), Bupati Padang Pariaman (2010-2015) dan Bupati Padang Pariaman (2016-sekarang).

H. MAHLYELDI ANSHARULLAH,SP
Adalah Politisi Partai PKS yang sangat berhasil menyita perhatian publik akhir – akhir ini. Ia dielu – elukan sebagai Pimpinan Daerah yang sederhana dan sebuah pemberitaan pernah menyorot kaos kakinya yang bolong disalah satu kegiatan donor darah dan mendonorkan darahnya.  Walikota Padang dua periode ini, bagaikan sosok ‘joker’ yang menurut analisa beberapa kalangan; apabila disandingkan dengan sosok manapun, dimungkinkan memperoleh kemenangan.

LETKOL LAUT (Purn) Dr. H. FAUZI BAHAR,M.Si Dt. NAN SATI
Sosok militer, dengan pangkat terakhir Letnal Kolonel dari TNI Angkatan Laut ini, adalah politisi ulung dan tangguh di Kota Padang; terpilih menjadi Walikota Padang untuk dua periode, sejak Tahun 2004 – 2014.

MARSMA (PURN) Drs. CHAIRUL AKBAR,SH
Dikutip dari Wikipedia.Org, Marsekal Muda TNI (Purn). Drs. Chairul Akbar, S.H adalah seorang Purnawirawan perwira tinggi TNI-AU. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Utama (Setama) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebelum ditarik ke Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Chairul Akbar merupakan putra Padang Pariaman, Sumatra Barat, dan aktif dalam kepengurusan organisasi Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina.

CAPT. H. EPYARDI ASDA,M.Mar
Adalah pengusaha dan politisi yang terbilang sukses, hingga saking suksesnya pada Pemilu 2019 kemarin berhasil mengkader anaknya terpilih Anggota DPR RI dari Partai PAN; Athari Ghati Ardi.

Drs. H. YUSWIR ARIFIN Dt. INDO MARAJO
Adalah Bupati Sijunjung dua periode dan akan menghabiskan masa jabatannya pada tahun 2021 mendatang. Namun juga dikabarkan berpeluang maju di Pilgub Sumbar.

H. SUHERMAN,ST TUANKU RAJO DISAMBAH (TRD)
Seorang pengusaha muda yang bergerak dibidang kontruksi. Pernah mencoba maju dari Partai PKB untuk DPR RI, di Dapil Sumbar 1, namun belum beruntung. Saat ini dirinya digadang – gadangkan bakal maju Pilgub Sumbar, dengan kemungkinan dua jalur; partai dan perseorangan. Iapun sedang melakukan pendekatan dengan beberapa orang dan pihak, untuk menyonsong kemungkinan dirinya bakal maju.

Beberapa nama lain, besar kemungkinan juga akan muncul. Namun, tidak bisa dipungkiri, nama – nama yang disebutkan diatas, dapat pula tidak mju dengan berbagai alasan dan keadaan. ***

Label: , ,