Babinsa Desa Batu Itam Koramil 414-03/Gantung (Kodim 0414/Belitung) Motivasi Masyarakat Manfaatkan Ex Tambang Menjadi Tambak Ikan

Babinsa Desa Batu Itam Koramil 414-03/Gantung (Kodim 0414/Belitung) Motivasi Masyarakat Manfaatkan Ex Tambang Menjadi Tambak Ikan

13 June 2019


Belitung Timur, SBNews.co.id - Babinsa Desa Batu Itam Serda Diyan Wahyudi anggota Koramil 414-03/Gantung (Kodim 0414/ Belitung) melaksanakan pendampingan kepada Bapak Faqih Petani Tambak Ikan Air Tawar yang berada di Dusun Batu Air Desa Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Kamis (13/06/19).

Ditengah situasi perekonomian yang lesu Babinsa setempat memotivasi warganya Bapak Faqih dan kelompok tani lainnya untuk membuka lahan Ex Tambang Timah untuk di jadikan tempat budidaya ikan, karna mengingat lahan yang ada di Desa Batu Itam tempatnya strategis di pesisir pantai dan tidak jauh dengan jalan raya.

Babinsa Desa Air Itam ini menyampaikan agar masyarakat membuat kelompok pembudidayaan ikan air tawar sehingga memiliki wadah atau organisasi yang terdaftar di Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belitung Timur.  

"Apabila sudah ada wadahnya atau kelompok budidaya ikan air tawar, kedepannya dapat mengajukan bantuan yang telah di anggarkan oleh Pemda Beltim seperti kelompok-kelompok Tani pada umumnya." Ujar Serda Diyan.

"Jika sudah terbentuk kelompok, masalah Tekhnis pemeliharaan ikan tawar,  Kita selalu menjaga kebersihan, lingkungan, pengecekan PH air dan pakan ikan, hal ini akan mempengaruhi  kwalitas ikan saat alam di panen". 

"Warga harus selalu menjaga kekompakan sesama pembudidaya  serta saling berbagi informasi, baik prospek maupun kendala yang di hadapi dalam pemeliharaan ikan." Jelas Babinsa. 

Faqih selaku Petani Tambak ikan menceritakan, dulunya Saya sebagai petambang timah tapi sekarang lahan untuk di tambang sudah mulai susah dan timah susah di dapat.

"Dan sekarang ini beralih profesi menekuni budidaya ikan air tawar di sini ada tiga jenis yang bisa di budidayakan yaitu lele Dumbo, ikan Nila dan ikan Patin, jenis ini sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis sehingga pemasaran lancar baik pesanan dari rumah makan." Jelas Faqih

"Banyak juga ikan yang sudah panen di pesan sama masyarakat di sekitar tambak, terutama di saat hari libur banyak pengunjung yang hobbi memancing dan hasil pancingan bisa di masak di sini atau bisa di bawah pulang.

"Kami selaku anggota kelompok pembudidayaan Ikan tawar sangat berterima kasih atas Motivasi dari Bapak Babinsa masih bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi tambak ikan saya ini sehingga semangat kebersamaan dan kekeluargaannya bersama masyarakat tetap terjalin dengan baik." Ucap Faqih sekali lagi. (Hdf/Lucky)

close
Banner iklan disini