Pilkada Padang Pariaman 2020: ‘Mancigok’ Siapa Saja Yang Akan Bertarung

Pilkada Padang Pariaman 2020: ‘Mancigok’ Siapa Saja Yang Akan Bertarung

28 May 2019

Rico Adi Utama. (Design: SBN)


Oleh : RICO ADI UTAMA
Jurnalis/ Penggiat NGO

PARIAMAN adalah daerah yang cukup luas, yang berkisar 1.328,79 km² dan populasi 391.056 jiwa lebih. Daerah ini memiliki potensi penghasil kelapa yang sangat besar, kemudian diikuti dengan hasil alam lainnya seperti; padi, pisang, pinang, nenas, manggis, casiavera dan banyak lagi. Sementara untuk hasil tambang alamnya, Padang Pariaman juga cukup besar memiliki potensi; batu kapur, bahan galian trass, andesit, tanah liat, sirtukil dan lain – lain.

Namun, yang tidak kalah pentingnya, wisata alam di Padang Pariaman cukup menjanjikan dan memiliki nilai bisnis wisata yang bermasadepan gemilang, diantaranya;  Lubuak Cimantuang, Ikan Larangan, Lubuak Bonta, Anai Golf, Malibo Anai, Air Terjun, serta yang lainnya pula.

Artinya, Kabupaten Padang Pariaman, dengan berbagai potensi dan luas alam yang cukup besar, bukan tidak mungkin apabila dikelola dengan baik, daerah ini akan lebih maju lagi kedepannya.

Tinggal kejelian Kepala Daerah (baca; Bupati dan Wakil Bupati) beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya, dapat mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan optimal dan mendorong Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagiannya menopang pembangunan di daerah tersebut.

Hanya menghitung bulan kalender saja, Tahun 2020 mendatang akan kembali digelar pesta demokrasi di daerah tersebut, yakni memilih Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Periode 2020 – 2025. Dimana, Ali Mukhni dikabarkan tidak dapat maju kembali, dikarenakan sudah menjabat selama dua periode sejak tahun 2010 lalu.

Incumbent/ petahana, hanya bersisa Wakil Bupati aktif saat ini, yaitu Drs. Suharti Bur. Maka, bukan tidak mungkin akan tampil penantang baru yang lebih gigih dan ekpresif dari para tokoh politisi, praktisi dan birokrasi yang berasal dari daerah itu, baik yang diranah maupun yang dirantau.

Dari pantauan atau usaha saya ‘mancigok’ dilapangan, serta diskusi dengan beberapa tokoh, terjaring beberapa nama yang kabarnya bakal ikut bertarung dan mengintai kesempatan adu kekuatan politik pada Pilkada Kabupaten Padang Pariaman 2020 mendatang, yakni sebagai berikut:
1.    Refrizal; saat ini Anggota DPR RI dan menjabat Ketua Umum DPP PKDP.
2.    Yobana Samial; Tokoh Perantau Pariaman di Jakarta.
3.     Darmawi; saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Partai Gerindra.
4.    Suharti Bur; Wakil Bupati Padang Pariaman.
5.    Buyung Lapau; Saat ini menjabat Kepala BPKAD Kota Sawahlunto dan Mantan Ketua DPD PKDP Kota Sawahlunto.
6.    Firdaus; saat ini menjabat Sekretaris Partai PKB Provinsi Sumatera Barat dan pada Pileg kemarin terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.
7.    Yusuf Sikumbang; Anggota DPRD Provinsi RIAU dan mantan Ketua DPD PKDP Kota Pekanbaru.

Bukan hanya berkutat di tujuh nama tersebut saja, seiring berjalannya waktu akan muncul nama – nama baru dan segar yang akan mengisi bursa Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah di Kabupaten Padang Pariaman. Hanya saja, siapapun yang akan memimpin Piaman Laweh, sebutan daerah penghasil buah kelapa terbesar itu, tentu harapannya adalah ‘Untuk Padang Pariaman Yang Lebih Baik”. ***

close
Banner iklan disini