Part 1: Membongkar Sosok Buyung Lapau, Santer Disebut Balon Bupati Padang Pariaman

H. Buyung Lapau,S.Sos,M.Si.


PadangPariaman, SBN – Buyung Lapau, dari namanya saja mungkin kita tidak akan susah mengingat pria yang dikenal murah senyum yang satu ini. Ia bernama lengkap H. Buyung Lapau,S.Sos,MSi, saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota Sawahlunto.

Sebelumnya, Ia pernah diamanahkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota Sawahlunto selama satu periode, sejak 2012 – 2018 masa jabatan.

Pria kelahiran 16 September 1964 di Ambacang Gadang ini adalah putera asli Barangan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Ia lahir dari keluarga sederhana, pada masa kecil selalu mendapat cemohoan dari para tetangga dan bertarung dengan kehidupan yang tidak begitu beruntung dibandingkan teman seusianya pada waktu itu.

Ia pernah menjual plastik kresek di Pasar Raya Kota Padang dan beberapa usaha berjualan lainnya, demi melanjutkan pendidikan dan masa depannya. Semua itu dilalui oleh Buyung Lapau dengan senyuman.

Ternyata memang benar, hasil tidak mendustasi usaha, Iapun akhirnya akhirnya lulus pendidikan D3 Akuntansi di Unversitas Andalas (UNAND) tahun 1989 dan diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Sawahlunto, setelah melewati berbagai seleksi.

Keberuntungan berikutnya, Buyung Lapau mendapatkan kesempatan tugas belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara - Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Republik Indonesia di Jakarta dan menikahi Masdiana, gadis pujaaanya hatinya yang pada waktu itu juga bekerja di Pemerintahan Kota Sawahlunto dengan status CPNS, tahun 1998.

Buyung Lapau di STIA-LAN RI Jakarta ternyata tidak sendiri, Ia juga satu angkatan dengan beberapa tokoh dan pejabat pemerintah di Sumatera Barat saat ini, seperti; Genius Umar (Walikota Pariaman), Zul Elfian (Walikota Solok) dan beberapa orang lainnya lagi.

Keberuntungan itu pun tidak berhenti disana saja, selain karier yang gemilang di Pemerintahan Kota Sawahlunto, Buyung Lapau lagi – lagi mendapat kesempatan tugas belajar S2 (Magister Ekonomika Pembangunan/ MEP) di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ternyata, dengan pengalaman dan sosok yang mumpuni dari Buyung Lapau selama ini, Ia dikabarkan berpeluang bertarung untuk Pilkada Kabupaten Padang Pariaman 2020 mendatang, Bakal Calon (Balon) Bupati Padang Pariaman. Ketika SBN, mengkonfirmasi langsung kepada Buyung Lapau terkait kabar tersebut, Ia hanya menjawab dengan sangat santai dan cerdas.

“Politik itu dinamis, saat ini status saya masih ASN (Aparatur Sipil Negara) dan masih bersisa masa bakti 5 tahun lagi. Tentu ada aturan serta proses yang harus saya ikuti jika memang masyarakat dan teman – teman meminta saya pulang ke kampung halaman (baca; Mencalon Bupati Padang Pariaman),” ujar Buyung Lapau. (Rico Adi Utama)

Bersambung…

Nantikan, Part 2: Lebih Dalam Lagi, Prestasi dan Suka Duka Buyung Lapau di Kota Sawahlunto.

Label: