Ratusan Qori/ah Sawahlunto Ikut Seleksi Untuk MTQ Sumbar, Idris: Bila Sukses Jangan Merasa Hebat

Ratusan Qori/ah Sawahlunto Ikut Seleksi Untuk MTQ Sumbar, Idris: Bila Sukses Jangan Merasa Hebat

25 January 2019

Idris Nazar, Kepala Kemenag Kota Sawahlunto. (Foto: RF)

Sawahlunto, SBNews - Menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang akan diselenggarakan di Kota Solok dalam waktu mendatang, untuk Kota Sawahlunto sebanyak 159 Qori/ah-nya ikuti seleksi.

Zardinal Basyir, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Pemko Sawahlunto selaku penanggungjawab kegiatan (seleksi.red) mengatakan, bahwa seleksi selama 3 hari kedepan akan menyisakan 80 orang peserta sampai tahap terakhir berjumlah 55 orang.

"Seleksi terdiri 3 paket yakni penyeleksian, pembinaan serta paket pemantapan," ujar Zardinal, saat memberikan laporan pada acara pembukaan yang digelar di SKB Kota Sawahlunto, Jumat (25/1/2019).
Zardinal Basyir (Dua dari Kiri), Dodi Ardona, Idris Nazar dan Darmuis (Ketua MUI Kota Sawahlunto). (Foto: RF)

Lebih lanjut Kabag Kesra menjelaskan, untuk tahap pembinaan dilaksanakan 9 hari sedangkan pemantapan 15 hari.

"Peserta terpilih mengikuti tahap pemantapan maka mereka akan ditetapkan sebagai utusan kafilah MTQ Sumbar dari Kota Sawahlunto," tukuknya.

Selain itu, seleksi kafilah kata Zardinal melibatkan Qori/Qoriah  peraih juara MTQ tingkat kota, utusan MTQ Sumbar kemaren yang tidak mendapatkan juara serta beberapa orang peserta lain yang dianggap selama ini sebagai aset LPTQ serta bersangkutan dinilai cakap dan memenuhi persyaratan.

"Kita tidak mengambil kafilah lain kecuali anak-anak dari Kota Sawahlunto. Terkait pelatih, panitia mendatangkan 8 orang dari luar daerah dan 12 orang pelatih lokal," ujarnya.

Qori/ah Kota Sawahlunto yang mengikuti seleksi. (Foto: RF)

"Kami pun memberikan honor dan transportasi bagi pelatih maupun peserta," tukas Zardinal.

Sementara itu, Idris Nazar, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto, menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Sawahlunto, karena telah menfasilitasi kegiatan keagamaan dengan sangat baik termasuk urusan MTQ.

"Bagi yang tidak lulus seleksi nanti, agar tidak berkecil hati dan tetap samangat memperbaiki diri. Kalau gagal jadikan motivasi, bila sukses jangan merasa hebat," pungkas Idris.

Kegiatan seleksi di SKB tersebut dibuka secara resmi oleh Dedi Ardona, selaku Asisten Administrasi dan Pemerintahan Pemko Sawahlunto, mewakili Walikota Sawahlunto. (RF)

Editor: RICO ADI UTAMA

close
Banner iklan disini