"Saung Cetok" Tempat Tongkrongan Ala Warga Pasirangin

"Saung Cetok" Tempat Tongkrongan Ala Warga Pasirangin

17 December 2018



Pandeglang, SBNews.co.id - Kampung Pasirangin secara geografis berada di ketinggian Gunung terbesar di Provinsi Banten yakni Gunung Karang, letaknya tak jauh dari Pusat Kota Pandeglang.

Pada umumnya lingkungan yang asri nan sejuk menjadi ciri khas pegunungan. Ditambah dengan pemandangan alam yang membentang dengan hiasaan pohon-pohon hijau sebagai pelengkap suasananya.

Kali ini kami mencoba mengexpose keunikan dan kearifan lokal kampung ini. Kampung yang terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya ini patut kita apresiasi, karena kekayaan dan kearifan lokal menjadi potensi wisata di Banten khususnya Pandeglang.

Saung atau gazebo bangunan kecil yang dirancang khusus untuk berteduh atau sekedar menjadi tempat berkumpul warga menjadi unik, lantaran saung ini bukan saung pada umumnya  yang biasa kita temui, Sebut saja "Saung Cetok" namanya, cetok adalah kerajinan yang dibuat untuk penutup kepala masyarakat, biasa digunakan untuk bertani di kebun atau sawah.

Kembali kepada pembahasan awal, kenapa saungnya bisa unik dan terlihat elegan ? Saung yang dihiasi kerajinan dari rajutan para pengrajin menambah ciri has pada saung ini. Berbagai kerjainan ditempel dan digantingkan dengan warna yang berbeda. Bukan hanaya cetok semua jenis kerajinan bambu ada di sana.

Berawal dari keisengan, Sutrisno Warga Kampung Pasirangin Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang juga sebagai penggagas saung cetok, bermula dari keinginannya untuk mengenalkan kerajinan lokal kepada khalayak ramai maka dibuatlah "Saung Cetok",  untuk media promosinya.

"Saung cetok ini inisiatif saya sendiri. Dinamakan saung cetok, terdiri dari kerajinan kampung pasir angin," Ungkap Sutrisno ke awak media, Minggu (16/12).

Sutrisno juga menyampaikan bahwa dirinya ingin meningkatkan bagaimana caranya kerajinan pasir angin agar terkenal semua wilayah. Kerajinan ini sendiri dari berbagai Kelompok Usaha Bersama," pungkasnya. (SA)

close
Banner iklan disini