Polres Bangka Adakan Apel Senkom Mitra Polri Dan Penyematan Rompi

Polres Bangka Adakan Apel Senkom Mitra Polri Dan Penyematan Rompi

23 December 2018


Kontributor : Hadi Babel 

SUNGAILIAT ( BABEL ), SBNews.co.id - Jajaran Binmas Polres Bangka dan Senkom Mitra Polri, Minggu (23/12/18) mengadakan apel sekaligus penyematan rompi serta pelatihan pembekalan fisik maupun mental.

Dapat kita ketahui, Senkom Mitra Polri suatu kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Saat berkometar Iptu Nanang seizin Kapolres Bangka AKBP M.Budi Ariyanto mengatakan Senkom Mitra Polri mempunyai peran penting untuk membantu Polri menjaga Kambtimas, untuk itu kita adakan penyegaran serta pembekalan fisik maupun mental agar anggota Senkom bisa tau gimana caranya  mengatasi Kambtimas menjadi kondusif.

Senkom juga sebagai Membangun kesadaran serta memperluas peran masyarakat dalam ikut membantu pemerintah dan polri guna menciptakan negara yang aman, tentram dan damai serta terciptanya keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.

"Khususnya di Kabupaten Bangka Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun Polri terhadap adanya gangguan Kamtibmas, stabilitas nasional dan bencana alam yang dijumpai dimana pun anggota Senkom berada",. Tegasnya


Sedangkan, Budiyanto selaku Ketua Senkom kabupaten  bangka mengatakan sangat menyambut baik dan apresiasi terhadap  Polres Bangka khususnya jajaran Binmas Polres Bangka,  yang telah memberikan perhatian dan peduli dengan mengadakan pelatihan dan memberikan sarkon ke pada anggota senkom  walau belum maksimal. 
Harapan kedepan dengan kegiatan apel senkom  sekaligus pembekalan wawasan terkait lalulintas dan baris berbaris, anggota senkom dapat lebih eksis, dan lebih berkontribusi lagi terhadap abdi masyarakat.

Sebagaimana Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.

Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya. Ungkap Budiyanto. 

close
Banner iklan disini