FMB9 Diskusikan Tenaga Kerja Berkualitas Di Banten Bersama Insan Pers

FMB9 Diskusikan Tenaga Kerja Berkualitas Di Banten Bersama Insan Pers

07 December 2018



Serang, SBNews.co.id - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, kembali menyelenggarakan Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan para insan pers di Pendopo Gubernur Banten, KP3B. Kamis (06/12/18).

Kali ini Banten dipilih sebagai tuan rumah disebabkan sebagai salah satu daerah penyangga penyangga ibu kota Jakarta.  Dalam kurun waktu Tiga tahun terahir ini, Ekonomi Banten mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Tahun 2016, tumbuh 5,28%, kemudian meningkat menjadi 5,71% di 2017, Hingga semester I tahun 2018 ini, ekonomi Banten tumbuh 5,75%. Angka ini jauh di atas rata-rata angka pertumbuhan ekonomi nasional, yang pada 2017 sebesar 5,07% dan pada Semester I 2018 sebesar 5,17%.

Pertumbuhan ekonomi Banten tidak lepas dari pertumbuhan di lapangan usaha industri pengolahan dan lapangan usaha perdagangan besar-eceran, serta reparasi mobil-motor dengan kontribusi masing-masing sebesar 31,66% dan 12,59%.

Dengan jumlah penduduk sebesar 5,33 juta orang (Agustus 2018), Banten jadi salah satu daerah utama tujuan investasi di Indonesia. Tahun 2017, nilai penanaman modal dalam negeri (PMDN) Banten berada pada urutan kelima di Indonesia, dengan nilai Rp5,1 triliun. Sedangkan realisasi penanaman modal asing (PMA) ada diurutan ketiga dengan nilai mencapai 3,0 miliar.

Dengan tajuk “Membangun Indonesia dengan Tenaga Kerja Berkualitas” hadir pula sebagai narasumber, Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi RI Mohamad Nasir, Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Dewi Chomistriana, ST, M.ScS Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. (SA) 

close
Banner iklan disini