Bank Indonesia : Layanan Nagari Mobile Banking, Tingkatkan Daya Saing

Bank Indonesia : Layanan Nagari Mobile Banking, Tingkatkan Daya Saing

15 December 2018

Diskusi Panel, saat peluncuran Layanan Nagari Mobile Banking, belum lama ini. (Foto: Humas Bank Nagari)


Padang, SBN – Endy Dwi Tjahjono, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menyatakan, pihaknya mengapreasiasi langkah Bank Nagari meluncurkan aplikasi mobile banking, sehingga mampu terus bisa bersaing dengan bank nasional dan meningkatkan layanan.

“Hampir seluruh bank umum yang beroperasi di Sumbar sudah memiliki layanan digital, sehingga sangat membantu masyarakat, lebih aman, nyaman dan efisien. Kami terus dorong bank agar memaksimalkan nontunai, sehingga diharapkan  ke depan dengan transaksi nontunai bisa berkontribusi meningkatkan  setengah pertumbuhan ekonomi,” ungkap Endy Dwi Tjahjono, usai peluncuran ‘Layanan Nagari Mobile Banking’, beberapa waktu yang lalu, di salah satu hotel di Kota Padang.

Sementara itu, Darwisman, Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat juga mengatakan, bahwa bank perlu berkolaborasi dengan fintech dan lembaga keuangan digital lainnya, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan layanan.

Menurut Darwisman, ada banyak potensi daerah yang memerlukan sentuhan industri keuangan dan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dia mencontohkan sektor pertanian, dimana masih terkendala keterbatasan modal untuk mengembangkan pertanian, termasuk juga terbatas kemampuan mengakses pasar.

"Ada fintech yang hadir melayani pertanian. Ini petani terbantu sekali dari modal produksi sampai pemasarannya. Bank juga perlu hadir di sana, kalau bisa juga punya anak perusahaan di bidang financial technologi," ungkap Darwisman.

Dilain sisi, Dedy Ihsan, Direktur Utama Bank Nagari membeberkan, ‘Layanan Nagari Mobile Banking’ merupakan transformasi digital Banking. Yang mana saat ini mesti dan mutlak dikembangkan oleh perbankan, tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi namun juga menggaet nasabah baru, terutama kids zaman now. Yaitu, para generasi milenial karena mereka menyukai serba instan, mudah, murah, dan cepat. . (Internews/ Humas Bank Nagari)

Editor : Rico Adi Utama

close
Banner iklan disini