Journalist Menuju Parlement

Journalist Menuju Parlement

26 November 2018

Pandeglang, SBNews.co.id - Andang Suherman figur yang tidak asing bagi kalangan birokrat di Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Sepak terjangnya didunia jurnalistik sudah tidak diragukan lagi. Maklum beliau adalah wartawan senior. SBNews sesama media dan insan pers tentu mengenal sosok Andang dengan baik. Dirinya meniti karir dunia pers sejak tahun 1999, bertugas di Jakarta, pada tahun 2003, dirinya kembali ke kampung halaman tempat dirinya dilahirkan. Sejak itu pula kancahnya sebagai seorang penulis dan pemburu berita dilakoninya di wilayah Propinsi Banten. 

Kini dia berencana dan bercita-cita ingin mengabdikan diri melayani rakyat dengan terjun ke dunia politik melalui Partai Bulan Bintang, besutan Yusril Ihza Mahendra.

Kepada SBNews dia mengaku mencalonkan menjadi anggota legislatif Kabupaten Pandeglang dari Daerah Pemilihan 2 meliputi lima kecamatan yakni, Kecamatan Cimanuk, Banjar, Mekarjaya, Cipeucang dan Mandalawangi.

Andang Suherman merupakan sosok yang banyak memiliki talenta selain talenta menulis dia pun lihai dalam argumentasi dan sangat tepat jika dia terpilih dan menjabat anggota legislatif. Karena selain vokal dia pun memahami dan mengerti tentang aturan dan perundang-undang pemerintah. Dalam artian sebagai legislatif menurutnya harus bisa menjalankan amanah rakyat dan mampu memangku jabatan dengan kebijakan yang pro rakyat, terutama rakyat kecil yang membutuhkan campur tangan pemerintah dalam menunjang roda kehidupannya.

Ditambahkannya, dirinya tidak bisa lepas dari karirnya didunia pers. Kendati demikian jika dirinya terpilih pun tetap saja yang namanya menulis mungkin tidak bisa dihilangkannya. "Menulis itu tidak hanya menulis sebuah berita tapi bisa juga karya tulisan kita tuangkan dalam sebuah buku", ujarnya.

Lebi lanjut kata Caleg PBB ini berpesan untuk para insan pers agar selalu mematuhi terhadap aturan dan ketentuan jurnalistik. 

"Seorang Journalist adalah penulis yang tugas kesehariannya berkarya dalam tulisan untuk selanjutnya dipublikasikan. Journalist juga identik dengan dunia pers menulis cerita atau opini yang terbalut fakta dari sumber yang dipercaya menjadikan sebuah berita dan disajikan untuk pembaca. 

Karya-karya tulisan tersebut terkadang menjadi polemik. Satu sisi ada yang suka namun disisi lain ada juga yang tidak menyukainya. Tapi sebuah karya tulis seorang pers yang sesungguhnya bukan untuk dipuji atau dicemooh. Karena seorang jurnalis bekerja berdasarkan etika dan peraturan yang mengatur tentang Pers untuk kepentingan rakyat. 

Kendati terkadang berbenturan dengan kebijakan politik sang penguasa. Namun sejatinya bagi sang pemburu berita adalah harus meyakini kalau diri kita seorang jurnalis yang sepatutnya mengedepankan azas praduga tak bersalah dengan gaya tulisan yang berimbang dan tidak lepas dari konfirmasi. 

Meskipun ada istilah buat wartawan 'apa yang dilihat, didengar dan dirasakan, ketika sudah bertentangan dengan hukum formil, maupun non formil, selama untuk kepentingan rakyat terutama rakyat wong cilik yang merasa tertindas atas ketidak adilan. Maka, itu wajib bagi sang wartawan untuk menulisnya dan menyajikannya dalam sebuah berita, baik itu media cetak maupun elektronik", Pesan ini dia tujukan kepada insan pers.

Diakhir wawancara bersama SBNews.co.id, Andang Suherman berharap dirinya mendapat kepercayaan masyarakat mengemban amanah sebagai wakil rakyat di parlemen sehingga nantinya turut serta terlibat sebagai pemangku kebijakan pemerintah demi kepentingan rakyat. (Irf)

close
Banner iklan disini